Cara Membuat Anak Tetap Sibuk Selama Liburan Sekolah

 

Pasca melewati rutinitas belajar dan ujian, selanjutnya para pelajar akan menikmati liburan panjang. Meski demikian, tidak sedikit yang memilih untuk mengisi liburan di rumah, mengingat pandemi Covid-19 belum usai dan kemunculan akan varian baru masih meninggalkan ketakutan. Nyatanya, banyak cara bisa dilakukan untuk membuat anak tetap sibuk selama liburan sekolah, sehingga tidak bosan di rumah dan liburan tetap menyenangkan. Kegiatan apa saja?

Menikmati liburan sekolah menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua, sebab tidak tertutup kemungkinan anak akan memilih untuk lebih fokus pada gadget ketimbang hal lainnya. Disini, para orang tua harus cermat mencari cara untuk membuat anak tetap sibuk selama liburan agar rasa bosan bisa dihindari.

Berikut ini beberapa kegiatan positif yang bisa dilakukan orangtua sebagai cara untuk membuat anak tetap sibuk selama liburan sekolah:

1. Membuat seni dan kerajinan

Mengisi waktu luang saat liburan sekolah di rumah dengan membuat seni dan kerajinan akan membuat anak tetap sibuk sehingga terhindar dari rasa bosan. Kegiatan ini juga dapat memupuk kreativitas anak dan membantunya tetap fokus. Disamping, juga dapat meningkatkan koordinasi tangan-mata, pengenalan warna, dan keterampilan motorik halusnya.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dan dicoba seperti menggambar, melukis, bermain tanah liat, kerajinan kertas dan origami, kerajinan manik-manik, anyaman keranjang, menjahit, dan merajut

2. Membaca berbagai jenis buku

Membaca secara teratur diketahui dapat memicu imajinasi anak dan meningkatkan pemahaman, kosa kata, dan keterampilan menulisnya. Perkenalkan anak dengan buku. Dari petualangan hingga fantasi, dari biografi hingga thriller, dari ensiklopedia hingga misteri. Buat anak membaca semua jenis buku. Para orang tua juga dapat mengajak anak berbelanja buku dan meminta mereka memilih sendiri buku yang disukai.

3. Bermain

Libur sekolah saat ini adalah momen yang tepat untuk bermain. Jadi, isi liburan anak dengan bermain bersama teman atau keluarga. Ada banyak permainan yang bisa dimainkan baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Misalnya monopoli, kartu uno, atau yang lain. Sementara di luar rumah bisa bermain kelereng, bersepeda, bermain badminton, petak umpet dan lainnya.

4. Menonton TV dan Film

Kegiatan yang bisa menyibukkan anak saat liburan di rumah adalah dengan menonton TV atau Film bersama. Ada banyak pilihan tontonan TV dan Film yang bisa diberikan, mulai dari nonton acara anak di TV maupun film anak atau kartun.

Biasanya banyak stasiun televisi yang menyajikan program anak-anak saat liburan. Sehingga bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat anak sibuk saat liburan sekolah di rumah. Meski demikian, ada baiknya mendampingi anak agar tontonan menjadi lebih berkualitas dan mengedukasi.

5. Menata ulang kamar

Menata ulang kamar bersama anak bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anak juga bisa berimajinasi dan menata sesuai dengan keinginannya. Kegiatan ini juga dapat menumbuhkan kreativitas anak. Hal yang bisa dilakukan adalah menata ulang barang-barangnya, mengecat ulang atau mengubah posisi tempat tidur hingga menghias kamar agar lebih menarik dengan wallpaper dan lainnya.

6. Berkebun

Kegiatan lainnya yang mengedukasi adalah berkebun. Bagi yang memiliki halaman luas apalagi ada kebunnya, maka berkebun bisa jadi kegiatan asyik untuk membuat nak tetap sibuk di liburannya. Selain dapat mengajarkan anak untuk mencintai alam, juga mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan dan terbiasa hidup sehat.

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/parenting/cara-membuat-anak-tetap-sibuk-selama-liburan-sekolah-16469/