Cari Tahu Alat Alat Pemersatu Bangsa Kita

 

Seperti yang kita tahu, bangsa Indonesia terdiri dari suku, agama, kebudayaan, dan latar belakang yang beragam. Menariknya, kita memiliki alat-alat pemersatu bangsa sehingga masalah perpecahan bisa dihindari, seperti Pancasila sebagai dasar negara kita. Namun, ada lagi alat pemersatu bangsa lainnya yang sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Kalian pasti bisa membayangkan beragamnya suku dan kebudayaan yang ada di negara ini, mulai dari Sabang sampai Merauke. Di sekolah pun, kalian pasti menemukan perbedaan agama dan suku bangsa. Tak heran, Indonesia merupakan negara yang multikultural karena keberagaman ini.

Alat-Alat Pemersatu Bangsa Indonesia yang Beragam

Terlepas dari perbedaan masyarakatnya, Indonesia memiliki lima alat pemersatu agar keutuhan dan kedaulatannya tetap terjaga. Belum lagi, kita hidup di era globalisasi, di mana keberagaman yang terjadi dalam satu daerah semakin banyak seiring meningkatnya mobilisasi masyarakat.

Alat-alat pemersatu bangsa ini harus dijaga dan dilestarikan dengan cara menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Selain itu, pemersatu bangsa ini harus menjadi pedoman bangsa Indonesia sepanjang masa. Lagipula, negara kita lahir karena perjuangan para pahlawan yang berasal dari suku dan kebudayaan yang berbeda.

Berikut ini adalah alat-alat pemersatu bangsa Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu:

1. Pancasila sebagai Dasar Negara

Pancasila yang menjadi dasar negara merupakan pemersatu bangsa yang utama pula, karena ada ideologi persatuan di dalamnya. Intinya, nilai-nilai luhur dari Pancasila telah ada dalam kehidupan bangsa Indonesia.

Pernyataan Pancasila sebagai dasar negara ini tercantum dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945. Pancasila sendiri merupakan hasil gagasan Ir. Soekarno melalui musyawarah anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tanggal 1 Juni 1945.

2. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan

Tahukah kamu, kalau saat ini Indonesia memiliki 718 bahasa yang tersebar di seluruh pulaunya? Terlepas dari keberagaman itu, kita punya bahasa pemersatu bangsa, yaitu bahasa Indonesia. Ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 ada tiga, yaitu:

• bertumpah darah satu, tanah Indonesia,

• berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan

• berbahasa satu, bahasa Indonesia.

Ikrar yang ketiga itu menetapkan bahasa Indonesia yang kita gunakan saat ini merupakan bahasa persatuan. Kemudian, pernyataan mengenai bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu ini disahkan dalam Pasal 36 UUD 1945 pada 18 Agustus 1945.

3. Bendera Merah Putih sebagai Bendera Kebangsaan

Bendera Merah Putih yang kita lihat setiap upacara bendera merupakan simbol perjuangan dan kemerdekaan bangsa kita. Warna merah pada bendera kita melambangkan keberanian dalam melawan penjajah, sedangkan warna putih berarti kesucian hati bangsa kita dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pernyataan Bendera Merah Putih sebagai bendera kebangsaan ini juga tertulis dalam Pasal 35 UUD 1945. Setiap tahunnya dalam peringatan kemerdekaan Indonesia, diadakan upacara penaikan dan penurunan bendera kebangsaan ini.

4. Burung Garuda sebagai Lambang Negara

Pasal 36A UUD 1945 menyatakan bahwa lambang negara Indonesia adalah burung garuda dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Arti semboyan tersebut adalah berbeda-beda tetapi tetap satu.

Burung garuda dipilih sebagai lambang negara karena menggambarkan kekuatan bangsa kita. Selain itu, lambang negara kita berwarna emas untuk menyimbolkan kemuliaan bangsa kita.

5. Indonesia Raya sebagai Lagu Kebangsaan

Alat pemersatu bangsa yang terakhir adalah lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan saat upacara bendera. Pernyataan ini didukung oleh Pasal 36B UUD 1945. Lagu Indonesia Raya pertama kali ditetapkan sebagai lagu kebangsaan tepat pada hari proklamasi kemerdekaan negara kita, yaitu 17 Agustus 1945.

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/alat-alat-pemersatu-bangsa-13819/