6 Tips Menabung Untuk Para Siswa

 

“Hemat Pangkal Kaya”, peribahasa ini pasti sudah tidak asing di telinga kita, bukan? Bisanya, ini dijadikan orang sebagai motivasi untuk menabung. Namun, sebagai pelajar terkadang kita masih kesulitan untuk menerapkan budaya menabung karena masih mengandalkan uang jajan dari orang tua. Nah, kali ini kita akan membagikan tips menabung untuk para pelajar sehingga bisa mempunyai anggaran darurat yang bisa dipakai sewaktu-waktu.

Biasanya uang jajan dari orang tua diberikan secara beragam, ada yang per hari, per minggu, bahkan per bulan. Dimana, uang jajan tersebut diharuskan pas dan dapat menutupi semua kebutuhan seperti transportasi ke sekolah, uang untuk makan, uang untuk jalan-jalan dan sebagainya. Tetapi akan lebih baik jika bisa menyisihkan sedikit dengan cara ditabung untuk keperluan-keperluan yang tidak terduga.

Daripada kita meminta uang terus menerus kepada orang tua untuk keperluan-keperluan yang tidak terduga, yuk intip 7 tips menabung bagi pelajar yang dapat diterapkan sehari-hari!

1. Menabung dengan nominal kecil setiap hari

Saat kecil, pasti sebagian dari kita sering mendengar istilah “biar sedikit lama-lama jadi bukit”? istilah ini ada benarnya, dalam menerapkan budaya menabung tidak perlu dimulai dengan nominal yang besar tetapi bisa dimulai dengan nominal kecil terlebih dahulu. Jika hal tersebut rutin dilakukan maka bukan tidak mungkin kita bisa mempunyai tabungan dengan jumlah yang besar nantinya.

2. Kurangi nongkrong atau jalan-jalan

Tips menabung bagi pelajar yang selanjutnya adalah mengurangi jalan-jalan. Ya, untuk dapat menyisihkan uang jajan dan dialokasikan ke tabungan, maka kita harus mengurangi kegiatan-kegiatan seperti nongkrong atau jajan.

3. Bawa bekal

Tips menabung ini juga tidak kalah hemat, karena dengan membawa bekal dari rumah maka menghindari kita untuk jajan di luar dan bisa mengalokasikan uang makan untuk tabungan. Bayangkan saja jika kita mendapatkan uang jajan sepuluh ribu sehari dan tidak dipakai jajan karena membawa bekal dari rumah, secara tidak langsung kita akan mempunyai tabungan lebih banyak ketimbang hanya menyisihkan uang jajan.

4. Atur pengeluaranmu

Tips menabung berikutnya adalah dengan mengatur pengeluaran. Ya, adalah hal yang lumrah untuk memiliki keinginan membelanjakan uang selama di sekolah. Agar lebih teratur, pada malam harinya buatlah catatan mengenai akan digunakan untuk apa uang saku keesokan harinya, dan berapa yang akan ditabung.

5. Simpan selalu uang kembalian

Jangan lupa untuk selalu menyimpan uang kembalian setelah belanja, baik itu ribuan maupun recehan. Sebab, saat situasi mendesak uang tersebut bisa menjadi penolong, dan kita juga bisa menjadi orang yang lebih bijak dalam menggunakan uang.

6. Simpan uang di tempat yang berbeda

Jika kita memiliki beberapa tujuan dalam menabung, sebaiknya simpan uang dalam tempat yang berbeda. Selain memudahkan dalam perhitungan uang yang ditabung, ini juga bisa melatih kita menjadi pribadi yang lebih tertata rapih dan tetap fokus.

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/6-tips-menabung-untuk-para-siswa-13766/