Apa Saja Asas Wawasan Nusantara?

 

Asas wawasan nusantara merupakan kaidah atau ketentuan dasar yang wajib dipatuhi, dilakukan serta dijaga oleh seluruh elemen masyarakat agar terciptanya perdamaian serta keseimbangan di Indonesia secara keseluruhan. Ada 7 asas wawasan Nusantara di Indonesia, sehingga bisa menjadi dasar bagaimana cara bertindak masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya, asas wawasan Nusantara harus ada di Indonesia agar semua masyarakat tetap aman dan nyaman saat menaati komponen-komponen pembentuk bangsa tersebut. Jika asas wawasan Nusantara diterapkan dan dipatuhi maka dapat menjaga perdamaian di Indonesia. Adapun 7 asas wawasan Nusantara, antara lain :

1. Asas Kepentingan yang Sama

Kepentingan yang sama adalah bangsa Indonesia menghadapi penjajahan baru. Bangsa Indonesia telah menghadapi penjajah secara fisik dari berbagai bangsa asing. Sekarang bangsa Indonesia harus menghadapi penjajahan dengan cara yang berbeda.

Meskipun menghadapi masalah yang berbeda-beda tetapi kepentingan kita tetap sama yaitu berusaha mencari solusi untuk masalah tersebut demi memperoleh rasa aman dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

2. Asas Tujuan yang Sama

Tujuan yang sama adalah tercapainya kesejahteraan dan keamanan yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan memiliki tujuan akhir yang sama maka aktivitas yang dilakukan akan lebih jelas dan mencapai keputusan yang sama.

3. Asas Keadilan

Keadilan berarti bahwa kesesuaian pembagian hasil dengan andil, jerih payah, usaha, dan kegiatan-kegiatan baik orang-perorangan, golongan, kelompok, maupun daerah.

4. Asas Kejujuran

Kejujuran berarti keberanian berfikir, berkata, dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar biarpun realita atau ketentuan itu pahit dan kurang enak dengarnya. Demi kebenaran dan kemajuan bangsa dan negara hal ini harus dilakukan.

5. Asas Solidaritas

Solidaritas berarti bahwa diperlukan rasa setiakawan mau memberi dan berkorban bagi orang lain tanpa meninggalkan ciri dan karakter budaya masing-masing.

6. Asas Kerjasama

Kerjasama berarti adanya koordinasi, saling pengertian dan didasarkan atas kesetaraan kerja kelompok. Baik kelompok yang kecil maupun kelompok yang besar dapat di capai . Demi tercipta, sinergi yang lebih baik.

7. Asas Kesetiaan

Kesetiaan terhadap kesepatan bersama untuk menjadi bangsa dan mendirikan negara Indonesia yang dimulai dengan dicetuskannya dan dirintis oleh Budi Utomo pada tahun 1908, Sumpah Pemuda pada tahun 1928, dan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Kesetiaan terhadap kesepakatan bersama ini sangat penting dan menjadi tonggak utama terciptanya persatuan dan kesatuan dalam Kebhinekaan. Jika kesetiaan terhadap kesepakatan bersama ini goyah apalagi ambruk dapat dipastikan bahwa persatuan dan kesatuan dalam Kebhinekaan bangsa Indonesia akan berantakan pula ini berarti hilangnya negara Kesatuan Indonesia.

Sumber : www.kelaspintar.id