Ujian Nasional 2020 Terakhir, Diganti Asesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter

 

Pangkalpinang, Senin, (17/2), Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 Jenjang SMA/SMK/SLB se-Bangka Belitung selama 3 hari, mulai dari tanggal 17 Februari-19 Februari 2020 yang diselenggarakan di Hotel Bangka City, Pangkalpinang.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Soleh. Ia mengatakan UNBK Tahun 2020 merupakan UNBK yang dilaksanakan terakhir kalinya, dan akan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter.

Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi.

“Literasi bukan hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep dibalik tulisan tersebut. Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka,” ujar Kadis Pendidikan.

Selain itu, Ia menambahkan walaupun pelaksanaan UN 2020 terakhir dilaksanakan, Try out ujian nasional masih tetap diberikan kepada siswa, agar siswa mendapatkan ujian Kadis Dindik : dengan hasil yang baik dan optimal.

Tahun ini, Jadwal UNBK Jenjang SMK dimulai tanggal 16 Maret-19 Maret 2020, Jenjang SMA/MA tanggal 30 Maret-2 April 2020, UNBK Susulan SMK/SMA/MA tanggal 7 April-8 April 2020, Jenjang SMP/MTs tanggal 20 April-23 April 2020, UNBK Susulan SMP/MTs tanggal 29 April-30 April 2020.

“Prestasi Ujian Nasional tahun ini, harus dipertahankan dengan hasil yang sangat luar biasa dan tidak menemukan pelanggaran yang dapat terhambatnya pelaksanaan UN ”, harap Soleh.

Mengingat setiap tahun Prestasi Hasil Ujian Nasional Provinsi Bangka Belitung di Tingkat Nasional, mendapatkan hasil yang sangat membanggakan. Terutama pada tahun 2018 Jenjang SMA mendapatkan peringkat 12 di tingkat nasional, Jenjang SMK mendapatkan peringkat 7 di Tingkat Nasional, dan tahun 2019 Jenjang SMA/SMK mendapatkan peringkat 5 di Tingkat Nasional.

Hadir dalam Kegiatan Rakor Persiapan UN yakni dari Perwakilan dari LPMP Prov. Kep. Bangka Belitung, Kepala Kemenag Prov. Kep. Bangka Belitung, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I,II,II dan IV Prov. Kep. Bangka Belitung, Kepala Bidang SMA/SMK/GTK dan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Prov,. Kep. Bangka Belitung, Kasi Kurikulum dan Penilaian SMA/SMA/GTK dan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Prov,. Kep. Bangka Belitung, Ketua MKKS SMA/SMK/PK, serta 41 orang peserta Rakor dari Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB se-Babel.( Dinas Pendidikan Prov Kep Babel)