Tips Membuat Anak Tetap Terhibur Selama Liburan Sekolah

 

Menjaga mood anak-anak untuk tetap bagus selama liburan di rumah memang tidak mudah. Orang tua dituntut lebih kreatif dan bersabar, agar anak tetap terhibur sepanjang liburan di rumah. Oleh karena itu, perlu ada tips membuat anak terhibur selama liburan sekolah. Apa saja?

Liburan sekolah sudah dimulai, itu artinya waktunya anak untuk bersantai dan beristirahat dari berbagai rutinitas sekolah. Biasanya, para orang tua akan memanfaatkan libur sekolah untuk mengajak anak mengunjungi tempat wisata hingga pulang kampung. Namun, apa jadinya jika liburannya di rumah saja?

Hal ini tentu menjadi PR bagi para orang tua terkait apa yang harus dilakukan untuk membuat anak tetap terhibur meski liburannya di rumah saja. Terlebih liburan sekolah di rumah sangat rentan membuat anak cepat bosan.

Kali ini, KelasPintar akan membagikan tips terkait cara membuat anak tetap terhibur meski liburan sekolah di hanya rumah.

1. Masak Makanan Favorit

Selain mengedukasi, kegiatan memasak bersama juga diyakini bisa memupuk kedekatan antara anak dengan orang tua. Tak hanya itu, anak juga akan terpacu untuk lebih kreatif serta terasah baik motorik maupun daya ingatnya. Terlebih memasak makanan yang menjadi favorit, anak dijamin akan lebih senang dan terhibur.

2. Nonton Film Bersama

Kegiatan menonton bisa menjadi selingan yang tepat buat anak agar terhibur saat liburan sekolah di rumah. Pendampingan para orang tua akan membuat anak tidak kesepian dan tetap fokus atas apa yang ditontonnya.

Dengan begitu dia dapat mempelajari apa yang dilihatnya. Selain itu, orang tua juga bisa memberikan penjelasan agar anak menjadi lebih tahu tentang apa yang dibahas dalam film tersebut.

3. Uji Kreativitas

Libur sekolah di rumah bisa jadi menjadi ajang untuk menguji dan mengajarkan kreativitas kepada anak. Orang tua bisa mengarahkan anak untuk melakukan hal yang bisa dilakukan dan mempraktikkannya. Orang tua juga bisa mengajarkan hal yang baru agar anak tetap termotivasi untuk bisa mengetahui banyak hal agar terpacu untuk mencoba hal-hal yang baru. Ada banyak hal yang bisa diberikan, bisa membuat kerajinan tangan, menggambar atau lainnya.

4. Make Over Kamar

Rasa senang juga bisa dimulai dari kamar sendiri. Ajak anak untuk melakukan perubahan pada kamar pribadinya. Mulai dari penempatannya hingga aksesorisnya, hal ini akan memunculkan ide-ide baru dari dan membuat anak lebih terhibur.

5. Membuat Game Bersama

Saat anak bosan di dalam rumah, orang tua bisa membuat game outdoor dengan berbagai permainan. Bisa juga disertakan teman-temannya di sekitar rumah. Misalkan membuat permainan mencari harta Karun atau permainan tradisional lainnya.

Dengan begitu, anak-anak merasa terhibur dan masih menikmati liburan sekolah. Selain itu kegiatan ini juga menyehatkan karena anak banyak bergerak dan tentunya dapat menghirup udara segar di sekitar rumah.

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/parenting/tips-membuat-anak-tetap-terhibur-selama-liburan-sekolah-16476/