Tips Untuk Membuat Anak Aktif Secara Fisik

 

Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini nyatanya berdampak pula terhadap tumbuh kembang anak. Dimana, mereka lebih senang menghabiskan waktu dengan gadget/gawai dibandingkan beraktifitas fisik. Menjadi PR tersendiri bagi para orangtua untuk membuat anak aktif secara fisik atau olahraga, mengingat kegiatan ini bisa membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Lalu, hal apa saja yang perlu dilakukan orangtua untuk membuat anak aktif secara fisik?

Orangtua mempunyai peranan besar untuk mengontrol anak dalam meredam kebiasaan negatif dan mengarahkannya pada kegiatan yang lebih positif. Menjaga kesehatan fisik anak, merupakan salah satu cara untuk menjadikan anak tumbuh sehat dan bahagia.

Dalam berbagai jurnal kesehatan disebutkan, anak-anak dan remaja harus aktif secara fisik setidaknya 60 menit setiap hari. Pendidikan jasmani dan aktivitas fisik penting karena membantu anak muda tetap sehat dan waspada, dan dapat meningkatkan prestasi akademik. Aktivitas dengan intensitas tinggi setidaknya 3 hari seminggu. Sedangkan aktivitas yang menguatkan otot dan tulang setidaknya 3 hari seminggu.

Bahkan, Organisasi kesehatan dunia (WHO) juga merekomendasikan agar anak yang berusia 5 hingga 17 tahun aktif bergerak selama 60 menit per hari dalam tiga hari per minggu. Ini juga bisa berarti 30 menit aktivitas di pagi hari, dilanjut 30 menit di sore hari. Semakin lama durasinya akan semakin bagus.

Alasan Anak Aktif Secara Fisik

Secara garis besar, manfaat berolahraga pada anak-anak adalah membantu berbagai jaringan tubuh untuk berkembang, dan melatih tubuh agar dapat berkoordinasi dengan baik. Dengan aktif bergerak, berbagai jaringan tulang, otot, dan persendian akan dapat menyerap nutrisi lebih baik sehingga dapat tumbuh menjadi lebih kuat.

Aktif bergerak juga akan meningkatkan kapasitas sistem kardiovaskuler anak, karena jantung dan paru-paru akan terbiasa untuk menggunakan oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Selain itu, usia kanak-kanak adalah saat yang tepat untuk melatih otak berkoordinasi dengan semua otot anggota gerak, sehingga anak memiliki keseimbangan tubuh dan dapat menggendalikan anggota gerak tubuh yang lebih baik.

Itu artinya, dengan aktif bergerak anak-anak akan membakar kalori sehingga lemak yang tersimpan akan lebih sedikit, dan berat badan akan sesuai dengan tinggi badan dan usianya. Berikut adalah hal yang harus dilakukan orangtua untuk membuat anak aktif secara fisik:

• Pupuklah pandangan positif tentang aktivitas fisik dan olahraga

Hal ini dapat dilakukan dengan memperkenalkan anak pada figur yang sukses di cabang olahraga, seperti pemain sepak bola atau basket. Contoh lainnya adalah dengan mengizinkan anak untuk bermain di luar rumah setelah seharian belajar atau setelah menyelesaikan tugas sekolah.

• Jadikan olahraga sebagai rutinitas

Hal ini perlu dilakukan agar anak terbiasa dan mengingat kapan untuk berolahraga. Buatlah jadwal untuk beraktivitas di luar rumah bersama anak, misalnya dengan pergi bersepeda setiap akhir pekan.

• Menjadikan permainan sebagai aktivitas fisik

Agar lebih menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak, ciptakan permainan yang banyak melibatkan aktivitas fisik. Melalui jenis permainan tersebut, anak-anak akan merasa senang dan bersemangat ketika melakukannya. Misalnya dengan mengajak permainan lempar tangkap bola, lompat tali, bermain bulu tangkis, atau petak umpet di halaman rumah dan lainnya.

• Ajak dan ajarkan anak olahraga bersama

Seperti diketahui, anak merupakan peniru ulung, apapun kegiatan atau kebiasaan yang dilakukan orangtua akan diikuti oleh anak. Oleh karena itu, anak harus diajak dan dikenalkan dengan olahraga yang menjadi rutinitas. Dengan begitu Ia akan terbiasa dengan kegiatan fisik yang anda lakukan.

• Biarkan anak berolahraga dengan temannya

Anak-anak sangat senang untuk beraktivitas bersama dengan anak seusianya. Doronglah atau fasilitasi anak Anda dengan cara mengajak temannya untuk ikut serta dalam beraktivtas bersama seperti pergi bersepada atau hanya sekadar berjalan-jalan.

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/parenting/tips-untuk-membuat-anak-aktif-secara-fisik-16368/