Cara Mengatasi Stress Pada Siswa

 

Pandemi Covid-19 telah memaksa masyarakat dunia untuk menjalankan beberapa perubahan kebiasaan. Kepada siswa sekolah, misalnya, mereka diharuskan untuk ‘meninggalkan sekolah’ dan membiasakan diri belajar di rumah, dengan bantuan teknologi. Akibatnya, tak sedikit dari mereka yang kemudian menjadi sangat rentan terhadap stress. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengatasi stress pada siswa.

Penyebab stress bagi para siswa saat mengikuti sekolah online sendiri ada banyak. Umumnya dikarenakan rasa jenuh, mengingat mereka bukan saja tak bisa bertemu dengan teman sebayanya, tetapi juga harus terpaku dengan layar terus-menerus. Bagi yang sulit beradaptasi, ini jelas memunculkan stress tersendiri.

Hal lainnya yang menjadi pemicu stress, sebagai akibat pembelajaran jarak jauh adalah keterbatasan fasilitas. Dalam hal ini bisa jadi terkait jaringan internet yang lemot atau alat elektronik yang kurang mumpuni.

Stress yang dialami siswa ini jelas perlu mendapatkan perhatian, baik dari sekolah maupun orangtua. Diantara beberapa gejala stress pada siswa, salah satunya adalah siswa kurang termotivasi untuk belajar dan tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar online. Tak hanya itu, siswa juga tidak bisa berkonsentrasi saat belajar online, serta tidak stabil secara emosi. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi stress pada siswa?

Cara Mengatasi Stress Pada Siswa

Mengingat dampak stress pada siswa itu sendiri, yang memang tidak bisa dianggap sepele, maka adalah hal yang penting bagi para orangtua dan guru untuk mengetahui cara mengatasi stress yang tepat.

Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress pada siswa, antara lain:

1. Berikan Waktu Istirahat

Siapapun mungkin memang akan dibuat bosan jika harus mengerjakan satu hal secara terus-menerus. Pun demikian dengan para siswa. Belajar memang baik, tapi istirahat juga tak kalah penting. Karena itu, biasakanlah bagi para orangtua untuk memberi waktu istirahat bagi anak jika mereka mulai terlihat lelah. Tidak perlu lama-lama, cukup 15-20 menit, setelah itu baru lanjut belajar lagi.

2. Relaksasi Pernapasan

Cara berikutnya untuk mengatasi stress pada siswa adalah dengan membiasakan diri melakukan teknik pernapasan. Ini ditujukan agar kondisi pikiran dan perasaan dapat kembali stabil.

3. Atur Jadwal yang Jelas

Segala sesuatu yang tumpang tindih biasanya akan membuat stress. Sebab itu, agar ini tidak terjadi dalam proses belajar, buatlah jadwal kapan kegiatan belajar dan kapan harus istirahat. Dengan begitu, para siswa tahu kapan harus belajar dan kapan bisa istirahat.

4. Atur Ruangan Belajar

Salah satu cara untuk menghindari stress adalah dengan menemukan suasana baru. Saat belajar di rumah, ini juga berlaku. Cara paling sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan memisahkan antara ruang belajar dan ruang untuk beristirahat. Hal ini agar ada batasan jelas, ketika berada di ruang istirahat, tandanya itu waktu untuk beristirahat. begitu juga sebaliknya.

5. Tidur yang Cukup

Cara lainnya untuk mengatasi stress adalah dengan memastikan bahwa siswa mendapatkan tidur yang cukup. Anak-anak harus tidur setidaknya 7-8 jam per hari. Hal ini diketahui membantu manajemen stres.

6. Cerita Kalau Stress

Saat sedang stress, tidak ada salahnya bercerita kepada orangtua atau sahabat, untuk membantu merasa lebih baik, secara mental dan fisik. Jika dirasa perlu, siswa bisa berkonsultasi dengan psikolog.

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/cara-mengatasi-stress-pada-siswa-14062/