Prinsip-Prinsip Dasar Pemberdayaan Komunitas

 

Prinsip-prinsip pemberdayaan komunitas. Sebagian dari kita tentu tidak asing dengan istilah komunitas. Komunitas sendiri identik dengan perkumpulan. Dimana secara umum, ini bisa diartikan sebagai kumpulan dari beberapa orang yang memiliki kepentingan yang sama dan keterikatan diantara mereka dapat terjadi baik karena kesamaan fungsi ataupun tempat tinggal.

Dalam sebuah komunitas, biasanya kita mengenal adanya suatu upaya untuk membantu komunitas tersebut untuk memanfaatkan potensi yang mereka miliki dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi. Hal ini, dalam ilmu Sosiologi disebut sebagai pemberdayaan komunitas.

Pemberdayaan komunitas pada hakikatnya diperlukan oleh suatu komunitas yang masih menghadapi kesulitan. Katakan saja kemiskinan, buta huruf, dan sebagainya. Agar ini dapat berjalan secara terstruktur, sistematis, dan efektif, maka diperlukan sebuah perencanaan program yang baik. Yang seperti apa?

Setiap program yang akan dilakukan akan dirancang dan disesuaikan dengan perkembangan masyarakat yang ada. Dimana hal tersebut umumnya mencakup beberapa aspek yang menjadi latar belakang perencanaan suatu program. Adapun beberapa aspek tersebut meliputi:

• Untuk memperoleh pedoman yang jelas tentang tujuan dan cita-cita yang ingin di capai.
• Untuk memperoleh pedoman yang mengandung daftar apa saja hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan cara yang tepat untuk melakukannya.
• Untuk memperoleh pedoman yang bersifat tertulis dan dapat digunakan oleh masyarakat.
• Untuk memperoleh pedoman untuk memberikan peringatan yang jelas terhadap adanya kepentingan yang bersifat masalah incidental, serta adanya suatu pemantapan dari suatu perubahan-perubahan yang terjadi.
• dan sebagainya.

Prinsip-prinsip Pemberdayaan Komunitas

Tak hanya itu, agar pemberdayaan komunitas dapat berjalan dengan baik, diperlukan pula pemahaman akan prinsip-prinsip dasar pemberdayaan komunitas. Dimana jika mengacu pada pendapat ahli bernama Rubin terdiri dari lima. Adapun kelima prinsip itu termasuk:

1. Dalam pemberdayaan komunitas, setiap keuntungan yang didapat akan digunakan kembali untuk kegiatan pemberdayaan yang lain sehingga cenderung akan tidak mendapatkan keuntungan atau dalam bahasa ekonomi dikenal dengan istilah Break Event Point.

2. Pemberdayaan komunitas harus memaksimalkan dana yang didapat supaya tidak melebihi pagu ataupun sebaliknya kelebihan dana karena tidak dapat memanfaatkannya dengan baik.

3. Dalam pemberdayaan komunitas, hal yang paling penting adalah adanya pelatihan yang diseimbangkan dengan pembangunan yang dilakukan.

4. Masyarakat harus terlibat aktif dalam pemberdayaan komunitas seperti asas demokrasi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

5. Kehidupan pemberdayaan komunitas ini diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan kepentingan pemerintah dalam berkomunikasi dengan kepentingan masyarakat.

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/prinsip-prinsip-dasar-pemberdayaan-komunitas-12674/