Bosan di Rumah, Lakukan Hal-hal Ini untuk Mengatasinya

 

Situasi pandemi corona membuat semua orang harus melakukan social distancing atau jaga jarak, termasuk anak-anak. Aktivitas di rumah saja yang monoton membuat anak-anak rentan merasa bosan. Lalu, hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi rasa bosan anak saat harus terus-terusan berada di rumah?

Adalah hal yang wajar jika kita merasa bosan saat harus terus berada di rumah. Aktivitas yang monoton dan ruang gerak yang terbatas menjadi alasan. Terlebih, ketika tidak memiliki sesuatu yang bisa dilakukan untuk mengalihkan rasa bosan tersebut. Untuk itu, perlu peran orang tua untuk menciptakan kegiatan-kegiatan positif yang dapat membangun kreativitas anak sehingga mampu menghilangkan rasa bosan.

Hal utama dari orang tua adalah tidak berupaya melarang anak melakukan kegiatan-kegiatan tertentu, kecuali itu merugikan. Katakanlah bermain gawai tanpa henti. Untuk mengalihkan anak dari rasa bosan selama berkegiatan di rumah saja, berikut hal-hal yang bisa dilakukan:

1. Mengajarkan Kreasi Seni

Menggambar dan mewarnai bersama bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengusir kejenuhan anak. Selain mengajari anak untuk berkreasi dengan warna dan bentuk, menggambar dan mewarnai juga bisa membangun rasa percaya diri anak, melatih imajinasinya, dan membuatnya gembira.

Tak hanya menggambar, bisa juga mengajak bermain musik, bernyanyi, dan menari bersama. Aktivitas ini dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak serta koordinasi tangan dan matanya. 2. Mencoba resep simpel dan memasak bersama

Momen social distancing atau isoman bisa dimanfaatkan untuk memasak bersama anggota keluarga. Pilih resep makanan simple dan disukaianak-anak dengan bahan yang sederhana dan mudah dibuat. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan bagi anak, tapi juga membuatnya bisa belajar cara memasak makanan sendiri. Memasak bersama akan membuat anak belajar menghargai atas usaha untuk memasaknya dan juga memakannya serta mensyukuri makanan yang disantapnya.

3. Berkebun

Manfaatkan ruang kosong di pekarangan rumah atau roof di rumah untuk belajar berkebun bersama anggota keluarga. Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan dan sangat positif bagi anak. Dengan berkebun, anak bisa belajar untuk bertanggung jawab, mencintai lingkungan dan alam, serta mengenal tumbuh-tumbuhan dan menikmati hasilnya merupakan kesenangan tersendiri.

4. Menonton Film Favorit Bersama

Mengajak anak menonton film favorit bersama menjadi solusi yang bagus untuk mengalihkan rasa bosan di rumah. Terlebih dengan film-film yang jenaka akan membuah kebahagiaan anggotakeluarga semakin terpancar dan mudah melupakan rasa bosan di rumah. Selingi dengan game-game tertentu akar ada interaksi lainnya uang membangun. Kegiatan inisangat bagus untuk membangun imajinasi dan pengetahuan bagi anak.

5. Berolahraga Bersama

Selama di rumah, ajaklah seluruh anggota keluarga untuk berolahraga bersama di pagi hari sambil berjemur. Cukup sediakan waktu 15–30 menit sebelum mandi pagi, maka bada anak terasa bugar, sehat dan fikiran juga menjadi terbuka.

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/bosan-di-rumah-lakukan-hal-hal-ini-untuk-mengatasinya-12568/