Kita Harus Mampu Kuasai Teknologi dan Informasi Demi Kemajuan Bangsa

 

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan, di era perkembangan teknologi saat ini, menuntut adanya sumber daya manusia yang mumpuni, dalam menguasai teknologi dan informasi.

“Kita harus mampu menguasai teknologi dan informasi demi kemajuan bangsa dan negara ini. Kita bisa melihat sekarang, Indonesia menjadi salah satu pasar dunia. Apabila kita tidak dapat menguasainya, maka kita akan terjajah oleh dunia teknologi dari negara lain. Kita jangan hanya sebagai user," tegas Gubernur saat menghadiri Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diselenggarakan di STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, Sabtu (23/11/2019).

Menurut Gubernur, tantangan ke depan sangat sulit, sehingga sumber daya manusia Indonesia harus dapat bersaing, dan persaingan yang terjadi harus selalu dinamis mengikuti zaman.

"Namun, kita jangan pernah merasa berhasil menguasai teknologi kalau kita belum bisa memanfaatkan teknologi untuk memberikan manfaat bagi kemajuan Bangsa Indonesia," ujar Erzaldi.

Oleh karena itu, Gubernur Erzaldi berharap, dengan adanya Festival TIK di Bangka Belitung selama dua hari mulai 23-24 November 2019, yang mengusung tema “Serumpun Sebalai Pacak ber TIK" ini, diharapkan menjadi suatu ajang pengembangan teknologi dan informasi dalam meningkatkan pengetahuan bersama untuk membangun bangsa Indonesia melalui penguasaan teknologi.

“Selamat dating kepada seluruh peserta Festival TIK yang berlangsung di Bangka Belitung,” tutup Gubernur Erzaldi.

Sementara itu, Sekjen Kominfo RI Niken Widiastuti menjelaskan, beberapa kemudahan yang didapatkan saat ini, merupakan kemajuan teknologi informasi.

"Tetapi, tentunya kita jangan hanya sebagai konsumen, namun kita harus sebagai pelaku. Adanya perkembangan teknologi harus kita manfaatkan dengan baik," ungkapnya.

Niken juga berharap, dengan adanya Festival TIK ini, para pandu digital dapat bekerja sama dalam meningkatkan kemajuan teknologi di Indonesia.

"Harapan kami para pandu digital bisa meningkatkan kinerjanya, dan bekerja sama dengan kominfo serta masyarakat, agar masyarakat terliterasi dengan baik," kata Niken.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Erzaldi bersama Ketua TP PKK Bangka Belitung, Melati Erzaldi dan Sekjen Kominfo RI Niken Widiastuti, memotong secara serentak Pita masuk area Festival sebagai tanda Festival TIK resmi dibuka.(Humas Provinsi Babel)