Metode Debat Capres Dalam Pelajaran sejarah Indonesia

 

sman2-tp.sch.id - Metode debat capres dalam pelajaran sejarah Indonesia. Selasa, 6 Februari 2024 pada pukul 8.30 WIB di ruang kelas XII IPS 1 riuh suara di dalam kelas, bukan membuat kegaduhan namun suasana kelas sedang mempersiapkan diri untuk melaksanakan debat capres dengan tema materi pelajaran sejarah yaitu Indonesia pada masa orde baru.

Kegiatan ini merupakan kesepakatan antara siswa dengan guru untuk belajar sejarah dengan cara yang berbeda dan menyenangkan.

Kelas dibagi menjadi 3 kelompok dan mereka memilih sendiri siapa capres dan cawapres dari masing-masing kelompok. Tiap kelompok membentuk timses untuk membantu capres dan cawapresnya untuk menyampaikan ide gagasan serta pendapat dan program yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.

Masing-masing siswa mendapat perannya masing-masing diantaranya ada yang bertugas sebagai moderator, pengatur acara, pengatur waktu dan timses capres dan cawapres. Kreatifitas siswa dalam membuat yel-yel dukungan serta membuat logo partai ataupun spanduk dukungan capres dan cawapres sungguh luar biasa.

Format debat diawali dengan pemaparan visi dan misi masing-masing kelompok, dilanjutkan dengan pertanyaan yang sudah disiapkan oleh tim ahli, serta pertanyaan dari masing-masing kelompok dan kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan masing-masing capres dan cawapres bersalaman.

Hal ini menjadikan pembelajaran tidak hanya mengenai materi pelajaran saja tetapi juga mengasah kreatifitas dan soft skill para siswa dalam berbagai hal.

Selain itu juga memaknai pesta demokrasi yang nantinya akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang merupakan rangkaian kegiatan penting yang harus dilaksanakan bagi yang sudah mempunyai hak pilih.

Penulis: Ramadani, S.Pd