Sejarah Hari Bank Internasional

 

Hari Bank Internasional atau bank sedunia setiap tahunnya diperigati setiap 4 Desember. Dicetuskan untuk mengakui pentingnya bank dan peran yang dimainkan dalam stabilitas keuangan dan pengembangan komunitas, bagaimana sejarah hari bank sedunia?

Bank sendiri bisa diartikan sebagai sebuah lembaga keuangan intermediasi yang umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan surat sanggup bayar.

Secara etimologi, kata “bank” berasal dari bahasa Prancis banque atau bahasa Italia banca yang berarti bangku. Bank juga bisa diartikan sebagai badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Menilik sejarah, sebagaimana dikutip dari National Today, keberadaan bank bermula dari para bankir di Italia yang melakukan transaksi dengan duduk di belakang meja (ini sebabnya kenapa bangku) penukaran uang, berbeda dengan pekerjaan kebanyakan orang yang tidak memungkinkan mereka untuk duduk sambil bekerja.

Hal itulah yang akhirnya menjadi dasar perbankan modern, dan ini menyebar hingga ke seluruh Eropa. Sebelum uang kertas ada, pedagang akan menyimpan emas mereka dengan para bankir sampai bank menjadi lebih mengakar dalam keuangan komunitas mereka.

Saat ini, bank melakukan banyak fungsi di luar menerima simpanan ataupun meminjamkan uang. Katakan saja fungsi personal, korporasi, investasi, transaksi, asuransi, pembiayaan konsumen, dan pembiayaan perdagangan.

Dalam konteks bank pembangunan, mereka tidak menerima simpanan dari publik, tetapi memberikan kredit dan mengarahkan investasi pemerintah dengan menawarkan dukungan keuangan kepada lembaga swasta dan publik.

Adapun tujuan utama dari bank pembangunan adalah untuk melayani kepentingan publik secara keseluruhan daripada mencari keuntungan. Beberapa jenis bank pembangunan yang perlu diketahui, termasuk bank pembangunan masyarakat, lembaga keuangan internasional, bank pembangunan nasional, dan bank pembangunan multilateral.

Bank pembangunan multilateral dibentuk oleh sekelompok negara untuk mempromosikan pembangunan sosial dan ekonomi di kawasan tertentu. Ini termasuk, misalnya, Bank Pembangunan Asia dan Bank Pembangunan Afrika.

PBB mengakui peran penting bank pembangunan dalam berkontribusi pada kesejahteraan keuangan dan pembangunan keseluruhan suatu negara, karena itu organisasi ini pun melembagakan Hari Bank Internasional. 4 Desember ditetapkan sebagai Hari Bank Internasional dan dirayakan untuk pertama kalinya pada tahun 2020.

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/sejarah-hari-bank-sedunia-18552/