Daftar Teknologi di Masa Depan, Ada Liburan ke Luar Angkasa

 

Lahirnya teknologi berawal dari impian atau imajinasi yang terus berkembang. Cepat atau lambat teknologi masa depan akan terwujud seiring dengan rasa ingin tahu dan imajinasi yang dikembangkan oleh para peneliti. Di abad 21 ini saja ada beberapa teknologi masa depan yang sudah terwujud dan dinikmati banyak orang, mulai dari teknologi mobil terbang, drone, ponsel pintar hingga mobil tanpa sopir.

Namun demikian, ada sederetan teknologi yang akan mengisi masa depan dan sudah menjadi perbincangan hangat dunia internet. Teknologi-teknologi tersebut banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat dunia sehingga kehadirannya selain dapat membantu dan memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat.

Berbagai konsep teknologi terus dikembangkan oleh para peneliti dari berbagai instasi pemerintah, swasta hingga dunia pendidikan. Lewat penelitian, berbagai penemuan teknologi masa depan terus disempurnakan hingga dapat dirilis kepada khalayak. Diantara beberapa teknologi yang akan mengisi masa depan tersebut diantaranya :

1. Alat komunikasi Hologram

Teknologi hologram hingga saat ini terus dikembangkan menjadi alat komunikasi,dimana aplikasi dari teknologi ini mengajar kita untuk dapat melihat visual suatu objek secara 3D dan imersif tanpa harus berada di dekat objek tersebut. Sebuah proyek menarik dengan teknologi hologram pernah dilakukan untuk membuat penonton berinteraksi langsung dengan survivor holocaust tanpa keberadaannya di panggung. Sehingga membuat penonton terkesima dengan pertunjukan tersebut.

2. Autonomous Car

Autonomous car atau biasa juga dikenal dengan istilah self-driving car, adalah kendaraan mobil yang mampu membawa penumpangnya tanpa harus dikemudikan oleh supir. Sistem kerjanya adalah dengan kamera sensor khusus yang mendeteksi gerakan dan lingkungan sekitar kendaraan. Citra dari kamera tersebut diproses dengan kecerdasan buatan untuk menentukan arah dan tujuan kendaraan tersebut.

Beberapa perusahaan otomotif dunia trus brupaya mengembangkan kendaraan auto driving ini. Hui Beberapa diantarannya diketahui telah melakukan berbagai serangkaian ujicoba di jalanan umum dan berhasil mewujudkannya.

3. Hoverboard atau Skateboard Terbang

Teknologi Masa Depan canggih seperti Hoverboard sudah mulai menjadi tren meski keberadaanya sudah banyak diujicobakan dan masih menjadi sebuah konsep dan belum diperjualbelikan di pasaran. Namun kehadirannya bakal menjadi cikal bakal kendaraan tanpa roda. Kendaraan Self-balancing scooter atau dikenal dengan hoverboard ini dimasa depan akan menjadi tren kendaraan tanpa roda, dimana Hoverboard bekerja dengan cara menyeimbangkan otomatis kondisi badanmu dan navigasinya.

4. Hyperloop

Perkembangan teknologi canggih masa depan canggih banyak diaplikasikan kedalam alat transportasi. Salah satunya yang bakal menghiasi teknologi masa depan adalah Hyperloop. Hyperloop mulai diperkenalkan oleh founder dari The Boring Company yang juga merupakan CEO Tesla dan Space X, Elon Musk.

Elon berambisi untuk mendorong kota-kota besar memiliki moda transportasi yang cepat, aman, dan mampu mengangkut banyak penumpang. Dengan alat transportasi Hyperloop, mampu membawa 20-40 penumpang dengan kecepatan 1.700 km/jam. Dengan kecepatan dan banyaknya daya angkut diyakini bakan menjadi primadona sebagai alat transportasi masal yang efektif di masa depan.

5. Mobil Terbang

Dalam beberapa adegan film, mobil terbang sudah banyak digunakan, bahkan menjadi sebuah impian mobil tersebut bakal menghiasi angkasa layaknya kapal terbang saat ini. Mobil terbang dipercaya bakal menjadi primadona karena dianggap menjadi salah satu solusi untuk menghindari kemacetan. Saat ini ada beberapa perusahaan yang mengklaim telah menciptakan kendaraan terbang ini dan telah melakukan ujicoba. Namun hingga saat ini belum ada satupun yang memproduksi secara masal dan memperjualbelikannya.

6. Wisata Luar Angkasa

Perkembangan teknologi masa depan di dunia antariksa juga amat pesat. Sebentar lagi, masyarakat dunia akan bisa menikmati berwisata ke luar angkasa. Paket wisata ke luar angkasa ini telah menjadi perbincangan hangat dan sedang diupayakan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan SpaceX, hasilnya, banyak orang-orang kaya di dunia yang menjadi daftar tunggu untuk menjadi orang pertama yang bisa berwisata ke luar angkasa.

7. Senjata Laser

Di bidang militer, layaknya dalam film-film. Senjata laser akan menjadi senjata andalan dalam pertahanan negara. Beberapa negara maju kini telah memulai mengembangkan senjata seperti ini dan melakukan ujicoba. Bahkan, dalam ujicobanya senjata ini disinyalir mampu menghancurkan kapal kecil, menembak jatuh rudal hingga menembak jatuh pesawat nirawak atau drone. Hingga saat ini senjata laser belum diproduksi dalam jumlah besar, meski demikian senjata ini dipercaya dapat melaju dengan kecepatan cahaya mencapai 300.000.000 meter per detik.

8. Artificial Intelligence

Artificial intelligen (AI) merupakan salah satu teknologi masa depan tercanggih yang sudah banyak digunakan pada kehidupan nyata pada saat ini, meski penggunaannya bisa dibilang masih pada tahap awal dan masih butuh penyempurnaan lagi ke depannya.

9. Teleportasi

Teleportasi sejauh ini baru saja bisa kamu temukan di atas kertas dan jurnal penelitian ilmiah dalam bentuk persamaan matematis. Namun, jika konsep matematisnya ada, bisa jadi teleportasi dapat menjadi perkembangan teknologi masa depan.Teleportasi ditengarai oleh konsep wormhole yang ditemukan akibat teori relativitas Einstein dan gravitas sebagai konsep ruang dan waktu. Simak video di atas untuk penjelasan mudah dan seru mengenai konsep teleportasi wormhole.

10. Motor Terbang

Kendaraan terbang sudah banyak diaplikasikan dalam dunia nyata. Salah satunya dikombinasikan dengan drone. Bahkan di Negara Uni EmiratArab (UEA) sudah ada ebberapa unit yang digunakan oleh petugas keamanan atau polisi. Kedepan, teknologi canggih ini akan menghiasi angkasa di seluruh dunia dan mnejadi kendaraan tanpa roda yang paling diminati.

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/daftar-teknologi-di-masa-depan-ada-liburan-ke-luar-angkasa-12631/