Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang UTBK SBMPTN 2021

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara resmi telah membuka Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) pada 15 Maret 2021. Periode pendaftaran gelombang satu ini akan berlangsung kurang lebih dua minggu, atau hingga 1 April 2021.

Sementara para periode pendaftaran gelombang kedua akan dilaksanakan mulai 26 April 2021 hingga 2 Mei 2021. Dalam serangkaian pendaftaran gelombang satu dan dua, Kemendikbud akan mengumumkan hasil seleksi melalui jalur SBMPTN 2021 pada 14 Juni 2021 mendatang.

Kemendikbud sendiri kini telah menutup pendaftaran gelombang satu. Namun, yang belum berkesempatan mengikuti pendaftaran gelombang pertama, bisa mengikuti pendaftaran kedua yang akan dibuka kembali pada 26 April hingga 2 Mei 2021. Nah, bagi kalian yang mau mendaftar gelombang kedua, wajib tahu nih mengenai tahapan pendaftaran dan informasi lainnya seputar UTBK SBMPTN tahun ini. Apa saja kira-kira?

1. Calon Peserta Wajib Memiliki Akun LTMPT

Bagi yang akan mendaftar UTBK SBMPTN 2021, kalian diwajibkan memiliki akun LTMPT yang sebelumnya sudah disosialisasikan oleh Kemendikbud. Sebab, tanpa memiliki akun tersebut, kalian tidak akan dapat mendaftarkan diri.

Pihak terkait juga mengingatkan untuk membuat akun tersebut menjadi akun permanen sebelum mulai mendaftar UTBK SBMPTN 2021. Adapun penutupan pendaftaran dan permanen akun LTMPT sendiri berakhir pada Sabtu, 13/3/2021 lalu.

2. Ketahui Jadwal Periode Pendaftaran

Hal penting lainnya mengenai UTBK SBMPTN 2021 adalah periode pendaftaran. Ya, perlu diketahui bahwa gelombang pertama berlangsung pada 15 Maret hingga 1 April 2021 lalu, yang dalam hal ini sudah berakhir. Berikutnya, gelombang kedua akan dibuka pada 26 April hingga 2 Mei 2021.

Mengingat pada pendaftaran gelombang pertama jumlah peserta yang sudah terdata pada database LTMPT mencapai lebih dari 1,4 juta akun, maka diharapkan calon peserta tes bisa mendaftar sedini mungkin pada pendaftaran gelombang kedua nanti. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan pendaftaran di akhir periode, dan berisiko terjadi perlambatan kinerja situs resmi.

3. Peserta Tidak Dianjurkan Memiliki Dua Akun SNMPTN

Program penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN, peserta tidak diperkenankan memiliki dua akun, terlebih bagi yang sudah dinyatakan lolos seleksi melakukan pendaftaran kembali. Hal ini ditujukan untuk menghindari terjadinya kerancuan datadalam proses pendaftaran dan tes UTBK SBMPTN 2021.

Kecuali, jika peserta SNMPTN dinyatakan tidak lulus seleksi, maka diperbolehkan melakukan pendaftaran kembali. Jika terdapat peserta SNMPTN 2021 yang mendaftar sebelum pengumuman, dan ternyata lolos, maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak akan dapat ditarik kembali.

4. Waktu Sepekan untuk Angkatan 2019 dan 2020

Untuk lulusan angkatan 2019 dan 2020 sendiri, diperbolehkan untuk melakukan pendaftaran kembali dengan jadwal tenggat waktu selama sepekan sejak waktu pendaftaran dibuka atau sepekan diakhir jadwal pendaftaran. Hal ini dimungkinkan untuk bisa mengurangi beban traffic pada situs resmi pengelola

5. Mengetahui Tahapan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

Dalam proses pendaftaran, kalian wajib mengetahui tahapan yang harus dilakukan dalam UTBK SBMPTN 2021. Dalam hal ini, meliputi:

• Login di https://portal.ltmpt.ac.id

Para pendaftar UTBK SBMPTN 2021 harus memiliki akun permanen LTMPT yang akan digunakan untuk masuk atau login ke portal pendaftaran UBTK-SBMPTN 2021.

• Mengisi biodata diri

Dalam pengisian Data Diri, peserta UTBK-SBMPTN 2021 yang membutuhkan fasilitas tunanetra harus mengunduh formulir pernyataan tunanetra dan mengunggah bukti pernyatan tunanetra. Sedangkan untuk peserta yang tidak membutuhkan fasilitas tunanetra, maka cukup mengkonfirmasi biodatanya secara permanen.

• Mengkonfirmasi Kartu Peserta

Para calon peserta UBTK-SBMPTN 2021 kemudian harus melakukan konfirmasi Kartu Peserta UTBK-SBMPTN 2021.

• Mengunduh Kartu Peserta

Langkah terakhir ialah mengunduh Kartu Peserta UTBK-SBMPTN 2021 untuk mengikuti ujian sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/un/hal-hal-yang-perlu-kamu-tahu-tentang-utbk-sbmptn-2021-11126/