Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa

 

Pandemik covid-19 mengajarkan banyak hal, terutama dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Seperti halnya sekolah, kegiatan yang semula dilakukan secara regular di sekolah kini harus berganti menjadi online. Rasa bosan dan malas tentunya sering meliputi siswa mengingat lebih banyak hal kini hanya bisa dilakukan di rumah, dan untuk waktu yang cukup lama pula. Lalu, bagaimana cara atau tips untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa?

Bagi sebagian besar orang tua, pendampingan belajar anak dalam proses belajar secara online tentunya menjadi beban tersendiri. Baik secara psikologis maupun waktu, terlebih bagi orang tua yang berkarier. Untuk itu, kreativitas orang tua dalam menghadapi anak-anak dalam proses belajar di rumah memang menjadi tantangan tersendiri.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan agar anak-anak dapat meningkatkan kemampuan belajar, meningkatkan gairah belajar serta meningkatkan prestasi akademiknya. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa:

1. Siapkan tempat belajar yang ideal

Tempat belajar yang ideal merupakan aspek yang sangat penting agar selama proses belajar tidak teralihkan oleh hal apapun yang dapat mengganggu. Tempat yang ideal untuk melakukan belajar mulai dari penerangan yang cukup, tidak bising, sejuk, bersih dan rapih. Jika didalam ruangan, furniture juga menjadi salah satu aspek tempat ideal untuk belajar. Ingat, jika belajar di kamar, jangan sambil tiduran atau jika memungkinkan belajar di ruang terbuka, cari tempat yang jauh dari orang sekitar berlalu lalang.

2. Biasakan makan sebelum belajar

Belajar saat perut lapar tentu akan menyulitkan konsentrasi, terlebih menyiapkan camilan di atas meja belajar. Oleh karena itu, makanlah sebelum belajar dan siapkan hanya air secukupnya di atas meja belajar.

3. Lengkapi kebutuhan belajar

Sebelum memulai proses belajar, lengkapi terlebih dahulu kelengkapan alat yang dibutuhkan mulai dari pensil, pulpen, penghapus hingga gadget yang akan digunakan. Termasuk baterai untuk perangkat.

4. Hindari pengalih perhatian

Selama proses belajar, seringkali siswa mendapatkan pengalihan perhatian atau konsentrasi. Oleh karena itu, hindari belajar sambil menonton TV, gunakan ruangan tertutup jika mendapat gangguan dari anggota keluarga lainnya. Jika lebih nyaman sambil dengarkan musik, putarlah lagu-lagu klasik.

5. Fokus pada pelajaran yang membutuhkan lebih banyak perhatian

Kerjakan soal yang dianggap lebih sulit terlebih dahulu, sebab mulai mengerjakan soal dari mata pelajaran yang paling sulit adalah cara mempertahankan kondisi otak agar tetap berfungsi dengan baik.

6. Manfaatkan teknik menghafal informasi yang efektif

Catatlah semua materi yang harus dihafal, misalnya rumus atau kosa kata. Menghafal akan lebih mudah dengan menggunakan lembaran kecil atau kartu pengingat sebab informasi sudah dikelompokkan.

7. Tingkatkan keterampilan membaca

Membaca berulang-ulang akan meningkatkan kemampuan mengingat. Ingat, bisa itu karena terbiasa. Untuk itu, biasakan untuk mengulang saat membaca agar kalian dapat mudah dan cepat mengingatnya.

8. Istirahat yang cukup Biasakanlah untuk memiliki tidur yang cukup saat malam. Sebab kurang tidur akan menyulitkan konsentrasi saat belajar.

9. Lakukan peregangan otot

Merasa penat saat berada di tengah pelajaran adalah hal yang wajar. Lakukanlah peregangan otot di waktu-waktu tertentu saat proses belajar.

10. Jangan malu untuk bertanya

Saat mendapatkan kesulitan selama proses belajar, jangan sungkan atau malu untuk bertanya baik pada guru atau orang tua. Ingat, bertanya bagian dari belajar juga lho.

Nah, itu dia tips untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam proses belajar kalian. Tetap semangat di tengah pandemik ya.

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/tips-untuk-meningkatkan-kemampuan-belajar-siswa-8263/