Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi Berjalan Lancar

 

Tanjungpandan, Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi, hingga hari Rabu 12/8/2020 ini berjalan lancar. Sistem daring yang disiapkan panitia dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berjalan baik dan stabil.

Pada hari kedua Selasa 11/8/2020 satu siswa SMA Negeri 2 Tanjungpandan atas nama Dendi mengikuti Kompetisi Sains Nasional Matematika.hari ke tiga Rabu 12/8/2020 satu siswa mengikuti mengikuti Kompetisi Sains Nasional Astronomi atas nama Laura.

Sebanyak 6 siswa SMA Negeri 2 Tanjungpandan mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat tingkat Provinsi Kep. Bangka Belitung. Nama-nama siswa SMA Negeri 2 Tanjungpandan tersebut adalah Dendi (Matematika), Laura (Astronomi),Virna dan Andra (Geografi),Lindi dan Sekar (Ekonomi).

Dalam pelaksanaan KSN secara daring, siswa melakukan ujian melalui alamat URL http://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ksn/

Bidang yang dilombakan adalah Fisika dan Biologi,Matematika dan Kimia, Informatika dan Astronomi,Geografi dan Kebumian,dan Ekonomi. Pelaksanaan KSN-P diselenggarakan pada tanggal 10 - 14 Agustus 2020 secara daring.

KSN tingkat provinsi ini diikuti sebanyak 13.819 siswa dari seluruh Indonesia. Dari hasil KSN tingkat provinsi ini akan diseleksi wakil-wakil provinsi yang akan bertanding di KSN tingkat nasional. KSN tingkat nasional juga direncanakan berlangsung dengan format daring.

KSN tahun 2020 mengusung tema "Sains sebagai Jalan Peradaban" dan dengan tagar #berprestasidarirumah.

Pelaksanaan KSN bertujuan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik di bidang sains.penyelenggaraan KSN juga sebagai penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta kompetisi sains tingkat internasional,