PANDUAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ( PPDB ) SMA NEGERI 2 TANJUNGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

PANDUAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ( PPDB ) SMA NEGERI 2 TANJUNGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019


A. DASAR

1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;

2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa;

3. Permendikbud RI Nomor : 14 Tahun 2018,tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada TK/SD/SMP,SMA,SMK, atau Bentuk lain yang sederajat; .

4. Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi kepulauan Bangka Belitung Nomor : 420/1383/Disdik/2018 Tentang Kalender Pendidikan Akhir Tahun Pelajaran 2018/2019;

5. Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor : Tahun 2018 Tentang PPDB Pada SMA dan SMK Prov. Kep. Bangka Belitung Tahun Pelajaran 2018/2019;

6. Hasil rapat koordinasi Kacabdin Pendidikan Wilyayah IV Dinas Pendididkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Pengawas SMA/SMK Pada Cabdin Pendidikan Wilayah IV 7 Juni 2018.;

7. Hasil rapat koordinasi Kacabdin Pendidikan Wilyayah IV Ketua MKKS SMA/SMK dan Kepala Sekolah SMA/SMK di lingkungan Cabdin Pendidikan Wilayah IV pada tanggal 8 Juni 2018. ;

8. Hasil Rapat Kepala Sekolah dengan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2018/2019 pada tanggal 22 Juni 2018

B.Rencana Daya Tampung :

SMA Negeri 2 Tanjungpandan memiliki 7 Rombongan Belajar Kelas X dengan 4 Rombel MIPA (Matematika dan Pengetahuan Alam) serta 3 Robel Jurusan IIS (Ilmu-Ilmu Sosial) dengan daya tampung 238 orang Peserta didik terdiri atas 34 orang perkelas.

C.Kriteria Calon Peserta Didik Baru :

1. Tamatan SMP/MTS memiliki ijasah,bagi tamatan Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat menggunakan Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara (SKHUNS) dari Kepala Sekolah/Madrasah asal calon peserta didik,foto copy Kartu Keluarga dan bagi calon yang tidak mampu melamapirkan KIP ( Kartu Indonesia Pintar) / Surat keteranga Tidak Mampu (SKTM) dari Pejabat Yang berwenang.

2.Pendaftaran diantar langsung ke SMA Negeri 2 Tanjungpandan pada jam kerja (08.00 – 12.00) .secara kolektif dengan melampirkan F1,F2 dan SKHUN Sementara Asli atau SKHUN Asli dari sekolah asal masing-masing serta melampirkan Surat Keterangan Peminatan (MIPA/IIS) dari Guru BP/BK dan diketahui/ ditandatangani oleh Kepala Sekolah..

3.Usia maksimal 21 ( dua puluh satu ) tahun pada 1Juli 2018. .

4. Calon Peserta Didik dari luar Kabupaten Belitung harus mendapat persetujuan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,dengan maksimum perserta didik yang diterima 5.% dari Daya tampung Sekolah (11 orang).

D. Mekanisme Seleksi Calon Peserta Didik Baru :

1.Jalur Peserta Didik Kurang Mampu

a .Daya Tampung untuk jalur Peserta Didik Tidak Mampu sebesar 20 % (46 orang) dari daya tampung,jika jumlah daya tampung 20 % tidak terpenuhi maka sisa daya tampung siswa tidaki mampu dimasukan ke daya tampung regular.

b. Siswa yang tidak mampu berdomisili I Perawas 1 dan 2,Dusun Aik Rayak Ujong 1 dan 2 dengan jarak maksimal 2 Km dari SMA Negeri 2 Tanjungpandan denganmelampirkan kartu Keluarga yang di terbitkan paling lambat 6 bulan sebelum pelaksanaan PPDB dan SKTM / kartu PIP.

C. Pendaftaran dilakukan langsung di Sekretariat PPDB SMA Negeri 2 Tanjungpandan.

2.Jalur Zonasi

a. Daya Tampung untuk jalur Peserta Didik yang berdomisili pada zona terdekat sebesar 10 % (23 orang) dari daya tampung,jika jumlah daya tampung 10 % tidak terpenuhi maka sisa daya tampung siswa dimasukan ke daya tampung regular.

b. Siswa yang berdomisili pada zona terdekat dengan jarak maksimal 5 KM dari SMA Negeri 2 Tanjungpandan dengan melampirkan kartu Keluarga yang di terbitkan paling lambat 6 bulan sebelum pelaksanaan PPDB .

c. Apabila pendaftaran melebihi daya tampung 10% (23 Orang) , maka Panitia melakukan pernegkingan terhadap Calon Peserta Didik dan sisanya dimasukan ke daya tampung reguler.

d. Pendaftaran dilakukan langsung di Sekretariat PPDB SMA Negeri 2 Tanjungpandan.

3. Jalur Prestasi Akademik / Non Akademik

a. Daya tampung untuk Peserta Didik melalui jalur Prestasi Akademik / Non Akademik sebesar 10 % dari daya tampung jika jumlah daya tampung 10% tidak terpenuhi maka sisa daya tampung dimasukkan ke daya tampung reguler. b. Meyerahkan piagam penghargaan asli kejuaraan bidang akademis/ non akdemis tingkat kabupaten/kota,Provinsi, dan Nasional. c. Apabila pendaftar melebihi daya tampung 10% (23 Orang) ,maka panitia melakukan perengkinan terhadap calon peserta didik dan sisanya dimasukan ke daya tampung reguler. d. Pendaftaran dilakukan secara langsung di Sekretariat PPDB SMA Negeri 2 Tanjungpandan. e. Seleksi melalui nilai Prestasi (NP) Akademik dan Non Akademik diperuntukan bagi calon siswa prestasi khusus sesuai kategori prestasi dan bobot yang telah di tetapkan sebagai berikut : Kategori Prestasi Dan Bobot Nilai Prestasi ( NP )

Juara II, III Tingkat Kabupaten 25

Juara I Tingkat Kabupaten 50

Juara I, II, III Tingkat Provinsi 75

Prestasi Tingkat Nasional 100

4.Jalur Reguler

a. Daya tampung untuk jalur reguler sebesar 55% (130 orang) di tambah sisa daya tampung siswa tidak mampu,jalur zonasi, dan jalur prestasi akademik dan non akademik yang tidak terpenuhi.

b. Pendaftaran dilakukan langsung di sekretariat PPDB SMA Negeri 2 Tanjungpandan oleh Sekolah Asal denganmelampirkan F1,F2 dan SKHUN Asli atau SKHUN Sementara Asli serta foto copy kartu Keluarga.

c. Nilai Siswa yang mendaftarkan melaui jalur reguler akan dilakukan pembobotan sebagai berikut : Mata Pelajaran Dan Bobot

Bahasa Indonesia 3

Bahasa Inggris 3

Matematika 4

IPA 3

d.Peserta yang diterima di SMA Negeri 2 Tanjungpandan melalui jalur reguler berdasarkan rangking pembobotan SKHUN dari rangking 1 s.d batas daya tampung.

e.Jika Nilai Akhir sama pada batas maksimal daya tampung maka dilakukan urutan seleksi sebagai Berikut :

1.perbandingan nilai Ujian Nasional setiap mata pelajaran yang lebih besar dengan urutan matematika IPA, Bahasa Inggris dan Bhasa Indonesia.
2.Didahulukan Peserta didik yang usia lebih tua.
3.Jika ketentuan butir 1 dan 2 sama maka yang bersangkutan diterima Semua.

E. Mekanisme Penentuan Kelas Peminatan Bagi Siswa yang dinyatakan diterima di SMA Negeri 2 Tanjungpandan :

1. Berdasarkan Surat keterangan Peminatan dari Guru BP/BK sekolah asal calon peserta didik.

2. Apabila ternyata jumlah calon peserta didik yang melebihi kelas peminatan (MIPA/IIS) melebihi daya tampung / rombel yang telah ditetapkan sekolah,maka panitia melakukan verifikasi terhadap calon peserta didik yang memilih kelas peminatan tersebut.

F.Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

1.Persiapan dan Pemberitahuan ke Masyarakat 23 Juni – 01 Juli 2018

2. Pendaftaran Peserta Didik Baru tanggal 02 – 09 Juli 2018

3. Pengesahan Peserta Didik Baru oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 10 Juli 2018

4. Pengumuman Penetapan Calon Peserta Didik Baru yang lulus seleksi tanggal 11 Juli 2018

6. Pendaftaran Ulang Peserta Didik Baru yang lulus seleksi 12 – 14 Juli 2018

7. Hari Pertama masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2018/2019 tanggal 16 Juli 2018

8. Pengenalan Lingkungan Sekolah ( PLS ) 16 – 18 Juli 2018

G.BIAYA

Dalam proses Penerimaan Calon Peserta Didik Baru SMA Negeri 2 Tanjungpandan, tidak dikenakan biaya administrasi / pendaftaran, segala biaya yang timbul dalam kegiatan ini dibebankan pada anggaran dalam APBD maupun APBN yang tercantum dalam RKAS Sekolah.

Tanjungpandan, 22 Juni 2018 Panitia PPDB SMA Negeri 2 Tanjungpandan