Kawah Kepemimpinan Pelajar, Ajang Penggemblengan Siswa Agen Perubahan

 

Bogor, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan SMA kembali melaksanakan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) mulai 29 April hingga 4 Mei 2019 di Green Forest Hotel, Bogor. KKP diharapkan menjadi ajang penggemblengan siswa menjadi generasi muda agen perubahan. KKP 2019 dibuka secara resmi oleh Direktur Pembinaan SMA, Purwadi Sutanto, Senin (29/04/2019).

Purwadi Sutanto mengajak para siswa untuk menjadi agen-agen perubahan di daerah masing-masing dalam menghapadi era milineal yang semakin digital. "Saya melihat wajah-wajah penuh optimisme dalam menghadapi era globalisasi dan digitalisasi. Di sini tempat kalian dibina menjadi agen-agen perubahan yang hebat calon pemimpin masa depan yang siap bersaing menuju abad-21," Jelas Purwadi.

Direktur juga menyebutkan bahwa para peserta KKP adalah duta-duta nasional dari daerah masing-masing dengan mengutamakan tiga kompentensi yaitu ; memiliki karakter yang kuat dan wajib menanamkan nilai-nilai karakter dalam semua aktivitas sekolah melalui tata tertib sekolah, tidak boleh menyontek, merundung, dan sebagainya. Kedua adalah memiliki literasi yang kuat, tidak hanya literasi membaca tetapi paham dengan hal-hal di sekelilingnya untuk menambah ilmu. Ketiga adalah memiliki kompetensi yang tinggi, melalui bakat dan minat yang dimiliki.

"Gali bakat dan minat kalian yang tepat, tekuni, dan fokus, maka cita-cita kalian akan tercapai. Jadi saya pesan betul, siapkan diri anda menyongsong era milenial ini. Kalian saya nobatkan sebagai duta-duta nasional disekolah masing-masing. Jadilah duta anti-hoax, duta antinarkoba, antipornografi, dan duta antiradikalisme demi keutuhan NKRI. Gunakan medsos untuk kebaikan!" Pesan Direktur PSMA di hadapan ratusan pelajar.

Kasubdit Peserta Didik Direktorat PSMA, Juandanilsyah, menjelaskan tujuan KKP adalah untuk membentuk pola pikir pemimpin muda yang berkarakter mulia, patriotik, dan berdaya guna bagi agama, nusa, dan bangsa. Peserta kegiatan ini adalah para pengurus OSIS dan pembina OSIS dari 34 provinsi. Masing-masing provinsi mengirimkan delapan siswa, beserta pendamping.

Para peserta akan mengikuti lima rangkaian kegiatan utama dalam hal penggemblengan diri yaitu Kawah Kepemimpinan, Kawah Kedisiplinan, Kawah Kebangsaan, Kawah Kreativitas, dan Kawah Kepedulian. Selain itu peserta KKP akan mengikuti upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional sekaligus audiensi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di kantor Kemendikbud Jakarta, pada tanggal 2 Mei 2019. (Nur Widiyanto / RMF Dit PSMA)