Olimpiade Guru Nasional Sebagai Ajang Guru Meningkatkan Kompetensi

 

Pangkalpinnag,Guru memegang peranan penting dalam menuju percepatan pembangunan pendidikan, karena guru yang berkualitas maka sudah dipastikan akan menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu, bermartabat, dan berkualitas dalam menghadapi tantangan persaingan global, demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kep. Bangka Belitung, Muhammad Soleh saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Olimpiade Guru Nasional di Hotel Aksi II, Pangkalpinang, Rabu (20/3).

Guru harus memiliki kompetensi, salah satunya kompetensi pedagogik yang penting untuk diaktualisasikan kepada peserta didik sehingga dapat memberikan pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang seiring dengan perkembangan zaman, karena untuk meraih keberhasilan butuh pengorbanan dan perjuangan, ujar Kadis Pendidikan.

Kadis Pendidikan pun menambahkan guru-guru berprestasi yang telah mengikuti perlombaan, terutama pada kegiatan OGN ini dapat memiliki kesempatan untuk menjadi Kepala Sekolah, karena syarat utamanya harus memiliki sertifikat sebagai guru berprestasi dan berusia maksimal 37 tahun. Selain itu, dapat diikutsertakan pada program pendidikan beasiswa S2 ke Institut Teknologi Bandung.

Kegiatan Olimpiade Guru ini bertujuan untuk mengukur kemampuan pengetahuan guru dalam memberikan ilmu kepada peserta didik di sekolah, serta untuk memicu konstruktif pemikiran guru dalam ilmu yang mereka peroleh dari pelatihan pendidikan.

Mata Pelajaran yang diperlombakan dalam kegiatan Olimpiade Guru Nasional ini diantaranya Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, Bahasa Jepang, dan Program Kebutuhan Khusus. Diikuti sebanyak 27 orang guru SMA/SMK/SLB mewakili Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Dinas Pendidikan Prov.Kep. Babel)