Mengenal Apa Itu Tes Bakat Skolastik (TBS)

 

Tanjungpandan,Tes Bakat Skolastik (TBS) merupakan tes untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi baru. TBS terdiri dari tiga subtes, yaitu; verbal, kuantitatif, dan penalaran. Puspendik, sebagai salah satu unit kerja penting di Kemendikbud, telah mengembangkan TBS sejak 1990. Layanan Karenanya, Puspendik bertanggung jawab untuk bertujuan mensosialisasikan dan memberikan TBS kepada siswa di seluruh pelosok Indonesia. TBS memberikan informasi tentang potensi akademis siswa kepada sekolah, orang tua, dan siswa.

Keunggulan TBS ada pada prosedur pengembangan butir soalnya yang valid dan terkalibrasi. Melalui butir soal yang valid dan terkalibrasi, maka hasil tes dari paket dan tahun yang berbeda akan dapat diperbandingkan. TBS mempunyai korelasi yang tinggi dengan prestasi belajar seseorang, Siswa dengan nilai TBS tinggi mempunyai prestasi belajar yang baik. Penggunaan tes prestasi dan TBS secara bersamaan akan memberikan gambaran kemampuan siswa yang lebih lengkap.

UBK TBS bertujuan membantu sekolah memberikan informasi mengenai potensi belajar siswa. Sekolah akan memperoleh gambaran potensi siswa dalam kemampuan verbal, kuantitatif, dan penalaran.

Pada bulan Oktober 2018 ini, Puspendik akan melaksanakan simulasi TBS di seluruh Indonesia melalui ujian berbasis komputer (UBK). Aplikasi UBK yang digunakan pada TBS sama dengan aplikasi UNBK, namun memiliki dua perbedaan utama dengan UNBK yaitu siswa dapat langsung melihat skor jumlah jawaban benar setelah menyelesaikan tes dan siswa memperoleh laporan hasil TBS tiga minggu setelah pelaksanaan.