Disdik Latih 100 Pelajar SMA di Kegiatan Pelatihan Kawah Kepemimpinan

 

Pangkalpinang -- Bidang SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melatih 100 orang pelajar SMA se-Babel dalam Pelatihan Kawah Kepemimpinan Pelajar mulai tanggal 4 s.d 7 Maret 2018 di Hotel Puncak, Pangkalpinang. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini diperuntukan bagi pengurus-pengurus OSIS SMA sebagai wahana menggali, mengekspresikan, mengakutalisasikan jiwa kepemimpinan, karakter, keterampilan, dan pengetahuan pengelolaan organisasi.

Demikian disampaikan oleh Karnaidi, Kasi Kesiswaan dan Pembangunan Karakter Bidang SMA Disdik Prov. Kep. Bangka Belitung, yang sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan Pelatihan Kawah Kepemimpinan (KKP), “agar kegiatan (KKP) ini menjadi wahana pelatihan kepemimpinan pengurus OSIS,” paparnya di Hotel Puncak, Minggu (4/3/2018).

Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini kata Karnaidi, dapat Teraktualisasinya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, menguatnya sikap jujur, peduli, kerjasama, nasionalisme dan persatuan dan kesatuan bangsa, berpikir kritis dan positif dikalangan generasi muda; Meningkatnya disiplin diri, tanggungjawab, kesadaran terhadap lingkungan fisik, masyarakat dan kultural; serta dapat meningkatnya kematangan jiwa dan kestabilan emosi dalam rangka pembentukan sikap dan perilaku terpuji.

Sementara itu salah satu Pelajar Osis SMA Setia Budi Sungailiat, Meri Wiega Anggreani yang menjadi fasilitator dalam kegiatan tersebut. Dia mengaku bahwa dirinya telah menjadi perwakilan Pelajar Osis Tingkat Nasional Tahun 2017, dan kegiatan ini banyak manfaatnya terutama mengenai Kepemimpinan, Kedisplinan, Kepribadian, Kebangsaan, Kreativitas, Manajemen diri, dan Kepedulian Lingkungan.

Kegiatan ini juga secara langsung dapat mengasah jati diri pelajar osis SMA yang berkualitas, berkarakter dan berwawasan kebangsaan, dalam membentuk pemimpin masa depan yang patriotik, menurut Mery.

Selain itu, Mery menginginkan agar teman-teman yang mengikuti pelatihan ini dapat menerapkan ilmunya di sekolah, khususnya bagi teman-teman yang akan terpilih menjadi Pengurus Osis.