DISDIK PROV RAKOR PERSIAPAN USBN 2018

 

SUNGAILIAT – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Muhammad Soleh MM, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Persiapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2018 di Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat, Kamis (22/2/2018). Dalam pembukaannya Kepala Dinas didampingi Kepala Bidang Pendidikan SMA, Hamdani, S.Pd dan Kasi kurikulum dan Penilaian SMA, Deswarman S.Pd. M.Pd.

Rakor Persiapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (UNBK) ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA SMA Negeri/Swasta se-Prov. Kep. Bangka Belitung, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, beserta Koordinator ASN 7 Kabupaten/Kota, dengan jumlah sebanyak 79 peserta.

Pelaksanaan ujian sekolah Berstandar Nasional (USBN) akan dilaksanakan secara serentak mulai tanggal 19 maret 2018 sampai dengan 5 Mei 2018 mendatang, hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kep. Bangka Belitung, Muhammad Soleh dalam arahannya pada pembukaan kegiatan Rakor Persiapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 di Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat (22/02/2018) sore hari.

“Beberapa hari yang lalu Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Bidang Pendidikan SMA sudah melaksanakan uji TO (Try Out), TO ini secara online dengan tujuan untuk percepatan mutu dan kualitas pendidikan di babel sehingga dapat mengevaluasi kesiapan masing-masing sekolah terhadap kesiapan menjelang USBN tersebut”, ungkapnya.

Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diuji pada USBN nanti sudah disampaikan kepada Kepala Kanwil Kemenag dan bisa didistribusikan ke sekolah. Sedangkan Mata Pelajaran lainnya masih dalam proses penyusunan dan akan diusakan secepatnya, lanjut Kadis.

Tahun 2018, Alhamdulillah sekolah se-Prov. Kep. Bangka Belitung sudah 100 % melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) , tambahnya.

Kadis berharap agar keberhasilan ini terus dipertahankan guna untuk meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. “Prov. Kep. Bangka Belitung Ujian Nasional Tahun 2017 Prov. Kep. Bangka Belitung sudah memberikan hasil yang baik dan harus mendapat apresiasi yang tinggi karena pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah mencapai rata-rata Nasional, yakni mendapat peringkat ke-12 dari 34 Provinsi”.

Ujian Nasional sudah semakin dekat jadi persiapkan anak didik dengan baik , pesan Kadis kepada seluruh Kepala Sekolah SMA Negeri/Swasta se-Prov. Kep. Bangka Belitung.

Kadis juga mengingatkan bahwa pada tanggal 27 sampai dengan 28 Maret 2018 pihak Educationfair Internasional Taiwan University, membuka kesempatan kerja dan sekolah bagi masyarakat Bangka Belitung untuk mengikuti program beasiswa Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, khususnya anak-anak yang tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Program Pendidikan ini resmi diberikan oleh pemerintah Taiwan.