Sosialisasi UN ,Kemendikbud Latih Calon Narasumber Tingkat Provinsi

 

Jakarta, Kemendikbud --- Jelang penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2017/2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Rapat Koordinasi Training of Trainers (ToT) Sosialisasi Pelaksanaan UN 2018. Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Kiki Yuliati mengatakan, sosialisasi UN kali ini dilaksanakan dengan metode yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun-tahun lalu, panitia UN tingkat pusat melakukan sosialisasi UN di masing-masing provinsi. Tahun ini, sosialisasi UN akan dilaksanakan oleh panitia UN tingkat provinsi untuk masing-masing provinsinya,” ujar Kiki saat pembukaan Rakor ToT Sosialisasi Pelaksanaan UN 2018 di Jakarta, Minggu (10/12/2017).

Ia mengatakan, hal tersebut dilakukan agar sosialisasi tentang kebijakan UN dapat dilakukan lebih cepat, secara ajek, dan dengan jangkauan lebih luas. Untuk menyiapkan narasumber sosialisasi UN tingkat provinsi, Kemendikbud melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) bekerja sama dengan BSNP menyelenggarakan pelatihan calon narasumber atau training of trainers selama tiga hari, yakni pada 10 s.d. 12 Desember 2017 di Jakarta.

Kiki menuturkan, pelatihan tersebut diikuti perwakilan dinas pendidikan provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), dan perwakilan kantor wilayah (kanwil) Kementerian Agama dari seluruh provinsi. “Total peserta ada 170 orang,” katanya. Acara pelatihan diisi dengan pemaparan dari panitia UN tingkat pusat, meliputi kebijakan dan teknis pelaksanaan UN, diikuti dengan diskusi serta pendalaman materi dalam kerja kelompok. (Desliana Maulipaksi)