Semarak HGN 2017, Kemendikbud Gelar Kegiatan Kreativitas Apresiasi GTK

 

Jakarta, Kemendikbud --- Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2017, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Simposium Nasional Tenaga Kependidikan Tahun 2017. Kegiatan ini dilaksanakan pada 23 – 26 November 2017 di Jakarta.

Simposium Nasional Tenaga Kependidikan ini dilaksanakan dalam rangkaian HGN 2017. Kegiatan ini menjadi wahana bertukar informasi dan pengalaman baik, serta berbagi pengetahuan antar kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Tema Simposium Nasional Tenaga Kependidikan Tahun 2017 adalah “Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dalam Penyiapan Keterampilan Abad 21”. Kegiatan ini juga mengusung empat subtema, yaitu “Kepemimpinan untuk meningkatkan hasil belajar siswa”, “Kepemimpinan dalam Penguatan Pendidikan Karakter melalui optimalisasi Tripusat Belajar”, “Layanan pendidikan inklusi di sekolah”, dan “Kepemimpinan dalam membangun budaya Baca dan Teknologi di Sekolah”.

Kegiatan ini digelar sebagai bagian dari apresiasi terhadap hasil karya terbaik tenaga kependidikan. Karya tenaga kependidikan tersebut berupa hasil riset, hasil kajian, gagasan baru, dan poster terutama yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Melalui simposium ini diharapkan akan semakin banyak kepala sekolah dan pengawas sekolah yang terpacu untuk meningkatkan kemampuan dan kinerjanya di dalam satuan pendidikan yang dikelolanya serta ikut serta dalam menyebarluaskan kemampuannya untuk peningkatan di sekolah lain. Para tenaga kependidikan ini juga diharapkan termotivasi untuk menulis karya ilmiah dan dapat tersosialisasikan melalui media sosial, jurnal, majalah, maupun prosiding.