Website Ujung Tombak Keterbukaan Informasi Publik

 

Pangkalpinang – Website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) merupakan ujung tombak dalam pelayanan keterbukaan informasi publik. Website salah satu sarana strategis yang harus dimanfaatkan dalam membuka keran transparansi informasi publik setiap Perangkat Daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Setiap perangkat daerah harus memaksimalkan website PPID dalam keterbukaan informasi publik,” tegas Lury Rafelia, Kasubbag Informasi Pemerintahan dan Umum, Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat briefing internal PPID, di Ruang PPID Rumah Media, Selasa (16/1/2018).

Mengingat sesuai dengan amanat dari Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik setiap badan publik wajib memberikan informasi kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan perundangan.

“Segala jenis informasi yang sudah diatur wajib didokumentasi dan didiseminasikan melaui website PPID OPD, karena hal itu bisa memudahkan masyarakat untuk mendapat informasi publik yang diinginkan,” ungkap Lury.

Lury juga mengharapkan setiap PPID di OPD bisa berperan aktif dan kooperatif dalam menyediakan informasi melalui website.

“Website yang sudah ada dapat menyediakan informasi yang tepat dan akuntable, sehingga memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi seperti informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, serta merta dan wajib tersedia setiap saat,” terangnya.

Selanjutnya Lury mengatakan PPID Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan berupaya untuk memfasilitasi PPID di Perangkat Daerah dalam meningkatkan pelayanan keterbukaan informasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“PPID di OPD di Pemerintah Provinsi dan PPID Kabupaten/Kota juga harus rutin mengupdate informasi dan data yang valid dan berkualitas,” harapnya.

Lury juga menambahkan saat ini PPID juga mempunyai peran yang cukup berat, mengingat dalam era teknologi saat ini, berita atau informasi hoax sering sekali menerpa badan publik.

“Pelayanan informasi adalah tanggung jawab kita bersama. PPID harus menguatkan peran fungsinya, pelayanan publik ini harus dilakukan secara team work bukan hanya tanggung jawab satu orang saja.” Tutupnya. Sumber: Dinas Kominfo Kep.Bangkabelitung