Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-89 ,Siswa dan Guru Kenakan Pakaian Adat

 

Tanjungpandan,Untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-89 SMA Negeri 2 Tanjungpandan gelar upacara bendera Senin, 30 Oktober 2017.kegiatan upacara berbeda dari biasanya para guru dan siswa kenakan pakaian adat sesuai dengan daerah asal masing-masing mulai baju adat Belitong,Padang ,Jawa,Sulawesi,Sunda,Palembang,Nusa Tenggara,Bali.upacara berjalan dengan hidmat bertindak selaku Pembina Upacara Kepala SMA Negeri 2 Tanjungpandan Akhmad Fajeri,S.Pd.

"Sumpah Pemuda 1928, ternyata membuktikan semangat tersebut masih relevan saat ini dan masa yang akan datang," ucap Kepala Sekolah.

89 tahun yang lalu Ikrar Sumpah Pemuda menjadi sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah Bangsa Indonesia. 17 tahun setelah adanya ikrar 71 pemuda itu berhasil melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Repubik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

"Sumpah Pemuda dibacakan di arena Kongres Pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah. Jika kita membaca dokumen sejarah Kongres Pemuda ke-2, kita akan menemukan daftar panitia dan peserta kongres yang berasal dari pulau-pulau terjauh Indonesia. Secara imaginatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah,"

"Para Pemuda kala itu memiliki latar belakang agama, suku, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda. Namun, fakta sejarah menunjukkan bahwa sekat dan batasan-batasan tersebut tidak menjadi halangan bagi para pemuda Indonesia untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia. Inilah yang kita sebut dengan "Berani Bersatu",demikian kutipan kata sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga yang di bacakan Kepala Sekolah.