“ Tanamkan Kemampuan TIK Guru pada Siswa”

 

Pangkalpinang, “Tanamkan kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam diri siswa”, kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Muhammad Soleh dalam sambutannya pada acara Pembukaan Kegiatan TOT (Training of Trainer) SDM TIK Tahap Ke-2 yang diselenggarakan di Sun Hotel, Pangkalpinang (23/10/2017).

Muhammad Soleh menyampaikan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi bukan menjadi “barang” baru di zaman sekarang karena setiap orang dapat memperoleh informasi dengan mudahnya melalui internet. Untuk itu, setiap Guru diharuskan menguasai pengetahuan TIK yang hasilnya dapat memberikan kontribusi yang baik dan berguna bagi siswa di sekolah.

“Karakter mental pembelajaran siswa akan muncul apabila Guru memiliki kepandaian, kemampuan TIK, serta metode pengajaran yang menarik’’, kata Soleh.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini diharapkan agar serius dan memahami setiap pembelajaran dan pelatihan TIK yang telah disampaikan oleh narasumber, sehingga informasi yang telah diperoleh dapat diterapkan di sekolah masing-masing”, tambah Soleh.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai dari tanggal 23 s.d 26 Oktober 2017, yang diikuti sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari guru tingkat SMA dan SMK yang membidangi TIK.

Narasumber kegiatan TOT SDM TIK ini berasal dari 1 orang Pejabat Fungsional dari PUSTEKKOM Kemendikbud, 2 orang Guru TIK SMK Negeri, 1 orang Pejabat Dinas Terkait, dan 2 orang Pejabat dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dengan beberapa materi yang disampaikan diantaranya: Kebijakan Pendidikan Provinsi Babel Tahun 2017, Program Pembangunan Pendidikan Provinsi Tahun 2018, Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Multimedia, Pengenalan Portal Rumah Belajar, Jaringan Komputer dan pemanfaatan dalam pembelajarannya, Pelatihan Pemanfaatan Rumah Belajar dan Sosialisasi Sekolah Inklusi.

Meningkatkan kompetensi TIK Guru mata pelajaran agar kompetensi professional dan pedagogik guru semakin baik serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengembangan sistem TIK bagi kepentingan pendidikan, khususnya bagi Guru kepada peserta didik merupakan harapan dari kegiatan SDM TIK ini. DINAS PENDIDIKAN PROV. KEP. BANGKA BELITUNG